Gurl's Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, December 21, 2013

detail beritaSalah satu jajanan yang kerap dikonsumsi saat santai adalah martabak. Martabak telur atau martabak manis—sebagian daerah menyebutnya martabak terang bulan—mungkin sering kita dengar dan tentunya gampang didapat. Bagaimana dengan martabak piring?

Namanya sedikit aneh memang, tapi rasa dan bentuk martabaknya masih kerabatmartabak jenis terang bulan.

Di salah satu pertigaan Jalan Bogor, Kota Medan, Sumatera Utara, penganan ini dijual di atas tungku dan gerobak sederhana. Sedikitnya 15 tungku dengan bara api tengah memasak adonan martabak yang dalam waktu 3 menit menghasilkan rasa dan aroma nan menggoda.

Piring, wadah memasak adonan inilah cikal bakal dinamakan martabak piring. Piring kaleng ini merupakan salah satu perabot rumah tangga tempo dulu, banyak ditemukan di rumah-rumah kuno.

Martabak Piring Murni, demikian Tafsir menamakan jajanan laris ini. Martabak manis ini tersedia dalam beberapa rasa, yakni coklat, keju, serta kacang. Anda bebas memilih tebal atau tipisnya, dimulai dengan harga Rp 2.000 hingga Rp5.500 per piringnya.

Sembilan orang pekerja bertugas menyiapkan tungku serta menabur coklat, gula, dan keju ke piring yang diisi adonan. Memang, cara memasak martabak piring dengan bara tungku jauh lebih repot dibandingkan memasak martabak loyang kuningan.

Tafsir, yang telah mengelola usaha ini selama 30 tahun, menjamin martabak buatannnya tidak basah sehingga saat dikonsumsi tidak menimbulkan rasa terlalu manis. Apalagi, ukuran pring-piring kalengnya tergolong takaran pas untuk porsi pelanggannnya.

"Tidak mudah belajar memasak martabak piring, setidaknya butuh waktu setahun baru disebut mahir menghasilkan martabak lezat yang digemari banyak orang. Setiap harinya, saya menghabiskan 20kg adonan tepung," kata Tafsir.

Sementara itu, salah seorang pembeli mengakui bahwa martabak piring berbeda dengan martabak pada umumnya. "Martabak piring lebih tipis dan rasanya lebih gurih dengan berbagai rasa," ujar Iwan, salah seorang pelanggan martabak piring.

Jika Anda penikmat jajanan malam, seperti martabak, tidak ada salahnya mencicipi menu ini. Anda bisa mencarinya di pertigaan Jalan Bogor, Kota Medan, Sumatera Utara, pada malam hari.
Categories: ,


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...