Gurl's Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 16, 2013


Jogjakarta tidak Hanya dikenal sebagai kota budaya, tapi juga kota yang menyediakan beragam jenis kuliner khas Indonesia yang siap menggoyang lidah Anda. Ada beberapa yang khas dari Yogyakarta dan sebagian lain adalah kreasi dari kreativitas pedagang makanan dan cukup sukses menjadi makanan khas Yogyakarta. Berikut ini beberapa kuliner khas kota pelajar


1. Gudeg Jogja

Gudeg merupakan makanan khasYogyakarta. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, disajikan dengan nasi, kuah santan kental. ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. beberapa Gudeg yang banyak diminati antara lain

  • Gudeg Yu Djum, Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta
  • Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele, Desa Sewon, Bantul belakang kampus ISI.
  • Gudeg Batas Kota Jl Solo & Jl Wates
  • Gudeg Bu Amat, Kampung Mbarek
  • Gudeg Bu Hendro, spesial manggar, Jl. Hayam Wuruk, Lempuyangan
  • Gudeg Kendil Bu Tjitro, depan Jogja Expo Center, di Jalan Janti 330
  • Gudeg Pawon, Jl.Dr.Soepomo (Jl.Janturan)
  • Gudeg Permata (Bu Pujo) Barat bioskop Permata Jl. Sultan Agung
  • Gudeg Tugu, Utara Perempatan Tugu Jogja
  • Gudeg Wijilan Jl. Wijilan sebelah timur Kraton, ada bermacam-macam warung 
  • Gudeg Bu Sri, Jl. HOS Cokroaminoto, Wirobrajan

2. Oseng-oseng Mercon

Bagi penggemar pedas, kuliner jalanan khas Yogyakarta ini tidak boleh dilewatkan. Tumis tetelan sapi yang lezat dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma kuat. Seporsi nasi panas dan oseng-oseng mercon dijual dengan harga 13.000 rupiah. Oseng-oseng ini dijual oleh beberapa warung di sepanjang Jl. KH A.Dahlan.

3. Bakmi Jawa
Bakmi jawa berbeda dengan mi goreng atau mi rebus pada umumnya. Bakmi Jawa menggunakan dua macam mie dalam satu masakan yaitu mi kuning basah dan bihun, menggunakan telur bebek dan taburan bawang goreng beserta seledri. Bakmi jawa ditemui di banyak tempat di Yogyakarta. Ciri khas yang lain, bakmi jawa dimasak dengan menggunakan tungku arang yang dimasak perporsi untuk mempertahankan rasa. 
Beberapa spot Bakmi jawa yang populer adalah:
  • Bakmi KADIN, di jalan Kusumanegara.
  • Bakmi Pele. Bakmi Pele berlokasi di pojok alun-alun lor Yogyakarta
  • Bakmi Mbah Mo. berlokasi agak jauh di jalan bantul
  • Bakmi Pak Tris di pasar manding Bantul
  • Bakmi Jokteng Wetan

4. Sate Klathak

Sate Klathak adalah varian sate khas imogiri. Ciri khas sate ini adalah dimasak dengan menggunakan ruji sepeda tanpa bumbu apapun hanya garam yang dibubuhkan selama dipanggang diatas api hingga menimbulkan bunyi gemeletak. 

5. Angkringan

Angkringan adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Yogyakarta. Murahnya makanan yang dijajakan di Angkringan membuat tempat makan yang berbentuk gerobak dorong seperti kakilima ini sangat populer. Di Yogya, nasi kucing (Sego kucing) khas angkringan dijual hanya dengan harga 1000 – 2000 rupiah saja lengkap dengan dua macam pilihan lauk standar yaitu tumis tempe buncis atau sambal teri. Makanan penyertanya seperti sate usus, sate jerohan ayam, sate telur puyuh juga dijual dengan harga 1000 – 3000 rupiah saja per tusuknya.

6. Sate dan Tongseng

Kelembutan yang berpadu dengan sedikit tekstur daging kambing menjadikan sate tergolong makanan yang spesial. Benar-benar pas. Soal rasa, kelezatannya tidak diragukan. Apalagi dengan campuran kecap manis dengan irisan cabe hijau dan bawang merah. Rasa manis dan pedasnya tongseng terasa begitu menggoda. Menu tongseng ini bisa jadi alternatif pilihan yang tak kalah lezat. Kuahnya yang memadukan rasa manis dan pedas ini pun terasa cukup menyegarkan dan membuat bernafsu.

7. Bakpia dan Yangko

Yangko adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran terigu, kenyal, dan rasanya manis. Pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula. Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang.Isi bakpia bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen di antaranya cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Kedua makanan ini tidak boleh lepas dari daftar oleh-oleh Anda jika Anda berkunjung ke Yogyakarta.


Categories: ,


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...