Gurl's Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 16, 2013

Pendakian ke Puncak Semeru akan melalui beberapa pos yang berfungsi sebagai shelter. Jarak tempuh kurang lebih 10 km ditempuh dalam waktu 3-5 jam menuju Ranu Kumbolo. Dari pos 4 Anda bisa melihat hamparan danau dan biasanya merupakan spot yang menarik untuk mengabadikan Ranu Kumbolo. Anda dapat bermalam di shelter yang ada ataupun mendirikan tenda karena dekat dengan sumber air.
Apabila cuaca bersahabat, sembari bermalam  Anda bisa menyaksikan ribuan bintang menghiasi langit. Bagi Anda yang menyukai night landscape dan star trail bisa banyak bereksperimen di sini. Dan jangan lupa untuk menyalakan alarm Anda, karena dari sini Anda bisa menikmati matahari pagi yang terbit diatara celah 2 bukit. Anda juga bisa menggunakan lensa zoom untuk mendapatkan detail area yang berkabut di atas permukaan air.

Perjalanan dari Ranu Kumbolo Anda akan melewati satu tanjakan yang disebut Tanjakan Cinta, dimana dipercaya apabila Anda bisa melewati tanjakan tanpa beristirahat kisah cinta Anda akan berjalan dengan lancar. Dari atas tanjakan cinta juga merupakan spot buat mengabadikan pemandangan Ranu Kumbolo. Setelah itu Anda akan melewati Oro Oro Ombo, sebuah padang rumput dengan luasnya + 100 Ha berada pada sebuah lembah yang dikelilingi bukit–bukit gundul. Setelah melewati padang rumput yang pada waktu musim hujan terkadang menjadi genangan air, Anda akan memasuki kawasan Cemoro Kandang. 

Setelah melewati Cemoro Kandang Anda akan sampai ke Pos Jambangan, dari pos ini puncak Mahameru yang berwarna hitam ke abu-abuan sudah mulai tampak sehingga bisa menjadi background yang menarik untuk di foto. Sepanjang jalur Jambangan – Kalimati juga akan banyak didapati pohon edelweiss putih (Anaphalis javanica) yang cukup menarik untuk dijadikan foreground.

Anda juga bisa memilih untuk bermalam di pos Kalimati karena dari tidak jauh dari sana ada sumber air (sumber mani). Di pos Kalimati, kalau beruntung Anda bisa menyaksikan malam bertabur ribuan bintang dengan background puncak Mahameru. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian tebal karena suhu dingin yang bisa mencapai 5°C. selain itu apabila Anda berkeinginan untuk mencapai puncak Mahameru di pagi hari, sebaiknya Anda berangkat dari Kalimati sekitar pukul 23.00.

Jalur Kalimati – Arcopo merupakan jalur menanjak yang akan menguras energi Anda. Setelah melewati batas vegetasi Anda akan berhadapan dengan jalur berpasir dengan kemiringan 60 – 70 °. Perjalanan mencapai puncak dari batas vegetasi tergantung dari stamina dan mental Anda, biasanya ditempuh dalam waktu 3-5 jam perjalanan. Dari atas puncak Mahameru kita bisa mengabadikan keindahan Gunung Arjuno – Welirang, jajaran pegunungan Bromo dan juga Gunung Agung di Bali. Pemandangan semburan asap hitam kecoklatan dari kawah Jonggring Saloka juga akan memberikan kepuasan untuk hasil foto landscape Anda di atas puncak tertinggi di Jawa.
Categories: ,


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...