Gurl's Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, January 21, 2014

Makan rujak cingur di Surabaya? Wajib buat para petualang rasa! Yang saya rekomendasikan, Warung Rujak Cingur Genteng Durasim. Letaknya di Jalan Genteng Durasim Surabaya, dekat dengan Pasar Genteng yang kondang sebagai pasar oleh-oleh khas Surabaya.

Pada dinding warung, tertulis bahwa warung ini sudah 71 tahun beroperasi. Kini, generasi ketiga yang mengelola. Namun cobek rujak ukuran besar untuk menguleg bumbu masih tetap dipakai sampai sekarang hingga semakin cekung ke dalam.

Bahan rujak cingur ini rebusan sayuran, tahu, tempe, timun, bengkuang, belimbing, kedondong, mangga dan tentu saja, cingur! Cingur atau bagian dari daging hidung sapi ini direbus dulu sampai betul-betul empuk lalu digoreng, kemudian dicampurkan ke dalam rujak. Nah, kalau tanpa cingur, ya namanya rujak petis. Bumbunya terdiri dari campuran kacang tanah, petis dan pisang klutuk.

Rujak cingur paling enak dimakan siang hari karena campuran buah dan sayurnya membuat segar, enak dan membuat ketagihan. Yang bikin rujak cingur di tempat ini terasa lezat ialah ketepatan dalam meracik bumbu petis, campuran kacang dan kekentalan bumbunya. Apalagi, bumbunya langsung diuleg di tempat, sesuai dengan rasa pedas yang diinginkan pengunjung. 

Saat bumbu dan sayur diaduk, rasanya pedas sekaligus segar! Petisnya pun terasa. Benar-benar bikin keringatan saat makan! Rasa asin pedas gurih dan asam dari buah mangga muda bercampur di mulut. Tambahan kerupuk putih menambah nikmat makan rujak legendaris ini. Untuk teman makan bisa memilih nasi atau lontong.

Agar rasa pedas di mulut cepat terobati setelah melahap rujak cingur, pilih saja beragam minuman segar. Ada es melon, es blewah, es jeruk, es degan, dan es teh.

Harga untuk rujak biasa cukup Rp 17.000 per porsi. Tapi untuk rujak cingur, harganya Rp30.000. Untuk warga lokal, harga itu termasuk mahal. Apalagi warungnya juga tergolong sederhana dengan meja kayu panjang dan kursi plastik. Warung sederhana ini menyediakan aneka menu ala Jawa Timur. Selain rujak cingur dan rujak petis, tersedia sop buntut, nasi campur, lontong mie, nasi rawon, gado-gado, dan sayur asem.
Categories: ,


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...