Gurl's Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, September 26, 2013

Bayi kembar merupakan sebuah peristiwa yang jarang didapatkan oleh pasangan suami istri. Kehamilan kembar ialah suatu kehamilan dengan dua janin atau lebih. Kehamilan tersebut selalu menarik perhatian wanita itu sendiri, dokter dan masyarakat. Kembar memiliki dua jenis :


1. Kembar identik
Pada kembar identik kedua janin berasal dari satu telur yang membelah diri, dan hidup dari satu plasenta. Kehamilan kembar identik tidak dipengaruhi faktor usia, ras, atau keturunan. Anak-anak kembar identik biasanya mempunyai golongan darah yang sama dan ciri-ciri fisik yang sangat mirip, namun mereka mempunyai sidik jari yang berbeda. Beberapa anak kembar identik disebut sebagai “mirror twins”, karena mereka seperti refleksi kaca satu sama lain. Misalnya, si kakak mempunyai tanda lahir di tangan kanan, sementara si adik di tangan kiri. 

2. Kembar fraternal 
Kedua janin berasal dari dua telur, dan hidup dari dua plasenta. Kehamilan kembar fraternal biasanya dipengaruhi faktor keturunan. Anak-anak kembar fraternal bisa berbeda jenis kelamin, mempunyai golongan darah yang berbeda, dan kelihatan sangat berbeda satu sama lain. Jika lebih dari dua sel telur dibuahi oleh sperma yang berbeda-beda, bisa terjadi kehamilan kembar fraternal triplets (kembar tiga) atau lebih. 

Berikut beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk memperoleh anak kembar


Sejarah keluarga
Apakah dalam keluarga Anda terdapat sejarah kelahiran kembar? Jika iya Anda bisa berharap Anda dapat melahirkan pasangan kembar tanpa perlu usaha lebih keras. Terkadang pasangan kembar dapat terjadi secara turun-temurun. Anda akan memiliki gen dengan kecenderungan hiperovulasi yaitu pelepasan sel telur secara berlebihan yang akan meningkatkan kemungkinan mengandung anak kembar.




Usia lebih tua
Wanita yang berusia lebih tua akan memiliki kemungkinan lebih besar memiliki anak kembar dibanding wanita yang lebih muda. Diperkirakan ini sebagai akibat ovulasi yang makin cepat sesuai umur biologis yang bergerak makin cepat. 17 persen ibu dengan usia di atas 45 tahun memiliki peluang mengandung anak kembar. Lima tahun lagi maka peluangnya akan menjadi 1 banding 9. Tetapi bagaimanapun juga mengandung pada usia tua akan meningkatkan resiko termasuk resiko keguguran dan meningkatnya kadar gula selama kehamilan. Sebagai tambahan bayi akan lebih banyak kemungkinan mengalami kelainan kromosom.


Diet ubi dan susu
Memang belum terbukti secara medis, tetapi pada etnis Yoruba di Afrika Barat terbukti dengan kelahiran kembar tertinggi di seluruh dunia. Diketahui bahwa pada jenis ubi-ubian seperti ubi dan kentang mengandung zat kimia yang mampu memicu terjadinya hiperovulasi. Sebagai tambahan bahwa penelitian tahun 2006 pada wanita ang mengkonsumsi susu lebih banyak akan memiliki kemungkinan mengandung anak kembar.


Ke Dokter Spesialis Fertilitas
Teknologi reproduksi berkembang sangat pesat yang memungkinkan kelahiran kembar lebih tinggi. Obat tertentu dapat menstimulasi ovulasi, tetapi kehamilan kembar juga dapat dilakukan dengan cara sistem bayi tabung. Sistim ini tidak hanya mencangkokkan embrio pada ibu tetapi juga mempertinggi hal yang tidak bisa dijelaskan seperti jumlah calon bayi nantinya. Tak satupun dokter yang dapat memberi kepastian keberhasilannya, tetapi membantu memberi solusi yang mungkin.


Mengandung saat menyusui
Banyak yang beranggapan bahwa wanita tidak bisa hamil ketika masih dalam masa menyusui, tetapi proses laktasi menjaga ibu tetap berovulasi dan mengalami menstruasi. Beberapa peneliti mendukung teori ini yang memeungkinkan kehamilan kembar meningkat saat masa menyusui.


Mengandung saat menggunakan kontrasepsi pil
Mengatur kehamilan dengan konsumsi pil sangat efektif sampai 99,9 persen. Tetapi 0,01 persennya adalah kemungkinan kehamilan kembar. Beberapa kehamilan masa konsumsi pil kontrasepsi terjadi karena kurang konsisten dalam mengkonsumsi pil tersebut, sehingga ketidakteraturan tersebut akan memicu perilaku hormon yang berubah-ubah yang dapat mengakibatkan hiperovulasi.
Categories:


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...